2013年11月27日水曜日

-Hari ke-6, 27 Nov.- "Merekam suara di sekitar SD"

まちの声を録音しよう


Kami dari tim biru. Misi kami adalah mendengarkan lingkungan sekitar di pesona depok. Hari ini kami mempersiapkan karya untuk presentasi akhir tanggal 18 Desember nanti. Kami akan mempresentasikan tentang suara. Oleh karena itu, hari ini kami keluar untuk merekam suara yang  ada di sekitar SD Al Fauzien Pesona Depok. Kami menemukan suara burung, suara air, suara aliran sungai, suara langkah kaki, suara orang memaku, suara mobil, suara klakson, dan suara ac. Kami sangat senang saat mengeksplorasi suara dilingkungan.
Ada anak yang sangat lucu. Ia ingin merekam suara hantu. Haha.. Sangat sulit ketika kami mencari suara burung. Kami harus berjalan mendekati sumber suara burung karena sangat kecil. Selama merekam suara burung,  adik-adik secara refleks mengecilkan suara langkah kaki mereka, agar suara burungnya dapat direkam. “Sssst.. Jangan berisik”  kata mereka. Selama merekam, beberapa mobil lewat, maka suara mobil juga terekam.  Diantara pepohonan, kami juga dapat menemukan suara jangkrik. Kami tidak bisa menemukan jangkrik tersebut, tapi suaranya sangat keras. Saat merekam suara jangkrik, tiba-tiba ada helikopter melewati langit diatas kami, maka kami semua langsung merekamnya. Shesa saat itu bertugas merekam perjalanan kami, sangat lucu ketika melihat hasil rekamannya. Ia memutar-mutarkan kamera selama perjalanan merekam.


Foto saat perjalanan. Ini hasil foto dari Shesa kelas dua SD loh. Lucu kan :D
探検の時の写真。2年生のシェサさんが撮った写真です。かわいいでしょ!

Selain merekam, kami juga membuat maket rancangan pesona depok dengan mempertimbangkan suara. Suara mana yang harus dipertahankan dan suara mana yang harus dikurangi. Anak-anak sangat suka merancang taman di pesona depok karena mereka suka suara burung yang ditemukan diantara pepohonan. :D


Hari ini kami juga menulis surat untuk teman-teman di SD Uehara, Jepang :D
Semuanya sangat senang dan bersemangat membuatnya. “Aku mau bikin buat Ayana kak!” “Kak, aku udah selesai nih kak, boleh dihias gaaak?” Semoga suratnya memotivasi kita semua dan mereka:)
Sedang tulis surat kepada anak Jepang
日本の子供たちへ手紙を書いています
(Khodijah Salimah / Kapten Tim Biru)


私たち青チームの指令は、ペソナ・デポックのまちを「聴く」ことです。今日、私たちは、今度の最終発表(1218日)のための作品の準備をしました。私たちは、声について発表をします。なので、今日はアル・ファウズィエン小学校のまわりにある声を録音するために外に出ました。私たちは、鳥の声や、水の音、川の流れ、足音、釘を打つ音、車の音、クラクション、エアコンの音・・・などを見つけました。まちの声を探検するのはとても楽しいことでした。ある子が、おばけの声を録音したがっていたのがとてもかわいかったです。
鳥の声を探すのはとても難しいことでした。鳥の声はとても小さくて、声のする方に近づいていかなければなりませんでした。鳥の声が録音できるように、録音の間、子供たちは反射的に自分たちの足音を小さくしていました。「シーッ、うるさくしないで」録音の間、何台か車が通ったので、車の音も録音されました。
木々の間では、私たちはこおろぎの声に出会うこともできました。こおろぎを見つけることはできませんでしたが、その声はとても大きいものでした。こおろぎの声を録音していると、突然ヘリコプターが私たちの上空を通りました。なので、私たちはみんなすぐにその音を録音しました。
私たちの探検の記録係はシェサさんでした。彼女の記録を見ると、とてもかわいらしいです。彼女は探検の間、カメラをあちこちに向けていました。
  
録音の他に、私たちは、声や音について考えながら、ペソナ・デポックのデザイン模型も作りました。守られるべき音は何か、減らした方がいい音はどれか、考えました。子供たちは、ペソナ・デポックに公園を設計するのがとても好きでした。なぜなら、彼らは林の中で出会った鳥の声が好きだからです。^^

今日は、日本の上原小学校の友達に手紙も書きました。:D
みんなとても楽しそうに、一生懸命手紙を書いていました。「わたし、アヤナに手紙を書きたいな!」「ねえ、私もう書き終わったよ、デコレーションしてもいい?」この手紙が、インドネシアと日本の小学生、お互いを刺激するものになればいいと思います。^^
(ホディジャ・サリマ/青チーム隊長)

Tim Kuning melukis gambar Pesona Depok di masa depan
黄色チームは手分けして未来のまちの絵を描いています

Tim Ungu membuat merek yang baru
紫チームはまちの新しいマークを作っています 


0 件のコメント:

コメントを投稿